Home » » Peralatan Minum Teh

Peralatan Minum Teh

Written By Indah Nurani on Thursday, January 5, 2012 | 7:45 PM

Dalam acara minum teh, diperlukan peralatan peralatan khusus untuk itu. Seperti gelas atau cangkir, teko, dan sebagainya. semua itu telah kami sediakan untuk anda, tinggal anda memilih sesuai dengan selera dan kebutuhan. 

Cangkir dengan tutup

Biasanya digunakan untuk minum teh sambil bersantai dengan ewaktu yang agak lama. Bila menginginkan teh tetap hangat dan aromanya terjaga.

Biasanya kalau dibiarkan terlalu lama tidak ditutup maka teh menjadi dingin dan aromanya berkurang.
Cangkir tanpa tutup / sloki
Sloki ini biasanya digunakan untuk sekali teguk langsung habis. Sehingga tidak menggunakan tutup karena biasanya teh yang diseduh tidak langsung dituangkan kedalam sloki tapi dibiarkan tetap di teko. 
 
 Teh dituangkan ke sloki saat akan segera diminum. Sehingga teh yang diminum tetap hangat dan aromanya masih kental.
 
Teko kaca 
Teko kaca biasanya digunakan untuk menampung air teh panas yang siap diminum. Biasanya dari teko kaca ini teh di tampung dulu sebelum dituangkan ke sloki. tujuannya agar stok teh tetap terjaga apabila peserta minum teh cukup banyak.
 
 Untuk tempat penampungan air teh siap minum ini selain digunakan teko kaca ada juga yang menggunakan teko proselin tanpa tutup
     Teko stainlesteel  
Teko Stailesteel ini bentuknya agak besar, biasanya digunakan untuk memasak air panas untuk menyeduh teh. Teko stainlesteel ini ada yang menggunakan listrik dan ada yang menggunakan kompor spiritus. yang menggunakan listrik biasanya tinggal dicolok ke stop kontak dan kita tinggal tunggu sampai airnya mendidih. Nah air mendidih inilah yang kemudian digunakan untuk menyeduh teh di teko kecil yang ada ampas / daun tehnya. untuk memasak air, selain menggunakan teko stainlesteel bisa juga digunakan teko yang terbuat dari kaca.
   Teko kaca
 Nah seperti telah disebutkan diatas, untuk memasak air sampai mendidih, bisa juga digunakan teko kaca seperti ini. Penggunaan teko kaca biasanya disertai kompor yang berbahan bakar spiritus untuk memasak air. 
    Kompor spiritus

Kompor spiritus ini biasanya digunakan untuk memasak air dengan menggunakan teko kaca diatas. Kompor ini biasanya dilengkapi dengan penutup sumbu. Apabila air telah mendidih dan kompor sudah tidak digunakan lagi maka apinya dimatikan dengan menutup sumbunya sampai api padam. Perlu diingat dan diperhatikan, penggunaan kompor dan teko kaca perlu hati hati karena apabila air dalam teko habis dan masih tetap dibiarkan diatas kompor yang menyala maka teko akan segera pecah. Untuk itu maka perlu diingat, teko harus selalu terisi air apabila tetap diaruh diatas kompor yang sedang menyala.
   Teko keramik set

Teko set ini biasanya terdiri dari 8 buah cangkir / sloki, 1 buah teko tempat seduh teh, dan 1 buah teko penampungan air teh. Biasanya teko set ini digunakan pada acara minum teh dengan tamu tamu yang berjumlah sampai dengan 6 orang atau lebih.
   Teko tanah set

Seperti halnya teko keramik, Teko tanah set ini biasanya terdiri dari 8 buah cangkir / sloki, 1 buah teko tempat seduh teh, dan 1 buah teko penampungan air teh. Biasanya teko set ini digunakan pada acara minum teh dengan tamu tamu yang berjumlah sampai dengan 6 orang atau lebih.
   Teko tanah set sloki tinggi
Teko set ini biasanya terdiri dari 8 buah slok bentuk tinggii, 1 buah teko tempat seduh teh, dan 1 buah teko penampungan air teh. Biasanya teko set ini digunakan pada acara minum teh dengan tamu tamu yang berjumlah sampai dengan 6 orang atau lebih. Pada musim dingin di China biasanya sloki ini digunakan untuk menghangatkan telapak tangan dan menghirup aroma teh yang telah diminum. Caranya, setelah teh yang dituangkan di sloki tersebut diminum selagi panas, maka sisa panas yang tertinggal di sloki digunakan untuk menghangatkan telapak tangan dengan memintir mintir sloki tersebut dengan kedua telapak tangan, sambil menghirup aroma teh yang masih tersisa dalam sloki tersebut.
   Peralatan tambahan
Peralatan tambahan ini biasanya terdiri dari 1 buah jepitan sloki, 1 buah corong untuk menuangkan daun teh kedalam teko agar tidak berserakan, 1 buah sendok bubuk daun teh, 1 buah alat pencongkel daun teh yang biasanya lengket atau terlalu padat dalam kemasannya.Biasanya peralatan ini terbuat dari kayu atau bambu.
   Peralatan tambahan

Sama seperti diatas, Peralatan tambahan ini biasanya terdiri dari 1 buah jepitan sloki, 1 buah corong untuk menuangkan daun teh kedalam teko agar tidak berserakan, 1 buah sendok bubuk daun teh, 1 buah alat pencongkel daun teh yang biasanya lengket atau terlalu padat dalam kemasannya. namun untuk peralatan ini ada tambahan 6 buah nampan kecil tempat sloki yang panas. Biasanya peralatan ini terbuat dari bahan kayu.
Sumber:tebumanis.com
             
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Archive Blog

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Galeri Teh - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger